,

Sabtu, 24 September 2011

Alat Pencernaan manusia

         Alat Pencernaan Manusia:
 alat pencernaan manusia terdiri dari


       Rongga Mulut
1) Lidah
Merupakan jaringan otot yang berfungsi untuk meletakkan makanan, fakta tentang lidah, lidah adalah otot terkuat di dalam tubuh manusia
2) Gigi
Struktur gigi terbagi menjadi mahkota gigi, leher gigi, dan akar gigi
a)     Gigi seri (insisivus, disingkat I), bentuknya pipih, menyerupai tembok cina, berfungsi untuk memotong makanan.
b)             Gigi taring (caninus, disingkat C) bentuknya runcing, berfungsi untuk menyobek makanan yang agak susah seperti daging.
c)     Gigi geraham, bentuknya agak membesar pada bagian  atas dengan permukaan  bergelombang, berfungsi untuk menggilas dan melumatkan makanan. Ada dua macam gigi geraham, yaitu gigi geraham depan premolar, disingkat P, dan gigi geraham belakang (Molar, disingkat M)
3) Kelenjar ludah
Terdiri dari air dan enzim amilase (pytalin), yang berfungsi mengubah zat tepung menjadi zat gula.
Kelenjar ludah terdiri dari
a)      Sublingualis; terletak dibawah lidah
b)      Submandigualis; terletak di bawah gigi geraham
c)       Parotis; terletak dibawah telinga
B.       Tekak (faring)
Perbatasan antara rongga mulut dan kerongkongan dibatassi oleh tekak(faring). Faring merupakan persimpangan antara saluran pernapasan (tenggorokan) dan saluran pencernaan (kerongkongan). Di faring terdapat klep yang berada dibawah disebut epiglotis. Epiglotis ber-fungsi membua dan menutup pada tenggorokan dan kerongkongan secara bergantian.
C.      Kerongkongan (ESOFAGUS)
Di kerongkongan terdapat gerak peristaltik .  gerak Peristaltik adalah gerakan mengerut, mengecilkan, atau menyempitkan rongganya Secara bergantian atau berturut-turut.
D.       Lambung (Ventrikulus)
Lambung terdiri dari, kardiak, fundus, dan pilorus. Kardiak bagian awal lambung, Fundus bagian tengah lambung, pilorus bagian akhir lambung.
Dinding lambung terdiri dari tiga lapisan otot. Lapisan otot membujur terdapat pada lapisan paling luar, lapisan melingkar terdapat pada bagian tengah, dan lapisan otot yang serong ada pada lapisan bagian dalam.  Getah lambung terdiri dari
a)      Air
b)      Cairan lendir (mukus)
c)        Asam lambung (HCl)
Berfunsi membunuh mikroorganisme/bakteri yang masuk bersama makanan
d)      Enzim Pepsin
Mengubah protein menjadi pepton
e)      Enzim Renin
Memecah lemak dalam susu


E.        Usus halus (Intestinum)
Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus halus bagian tengah (jejenum), dan usus halus bagian akhir (ileum).
1|     Usus Dua Belas jari (duodenum)
Di usus ini terdapat enzim amilase, tripsin, dan lipase. amilase berfungsi untuk mencerna amilum menjadi maltosa, trpsin melanjutkan mencerna protein menjadi peptida, lipase berfungsi untuk mencerna emulsi lemak  menjadi asam lemak dan gliserol
2|     Usus tengah (Jejunum)
Usus ini menghasilkan enzim maltase dan pepsidase. Maltase mencerna maltosa menjadi glukosa, yang nantinya dapat diserap oleh tubuh. Pepsidase mencerna pepsida menjadi asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh
3|     Usus halus akhir (ileum)
Usus ini memiliki fungsi utama yaitu menyerap hasil pencernaan berupa glukosa, asam amino, gliserol dan asam lemak. Glukosa dan asam amino diserap oleh dinding usus halus.

A.       Usus Besar (Instetinum avum)(colon)
Usus besar terdiri dari colon menanjak(ascending), mendatar (transeverse), dan menurun (discending).  Usus besar berfungsi untuk menyerap air dari makanan yang tidak ikut diserap oleh usus halus.  Di sini sisa makanan mengalami pembusukan, yang dilakukan oleh bakteri E coli, dan sisa makanan tersebut akan menjadi  Feses(Tinja),  dan akan di simpan dalam rektum sekitar 12 -24 jam.

B.       Anus
Kalian sudah tau anus kan, sudahlah tidak usah di bahas lagi. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar